Click the Flag to translate this blog into English !
English

Bagai mana search engine bekerja

Sebelum kita mengakses sebuah web/blog yang paling pertama kita harus memasukan alamatnya dalam browser.Misalkan kita umpamakan http://www.google.co.id maka jabaranya seperti ini
http://
Ini indikasi bahwa browser dan web server akan berkomunikasi menggunakan HTP(Hypertext Transfer Protokol)
www
Ini indikasi juga tapi ini merupakan sumber yang dinamakan (World Wide Web)
google.co.id
Nah yang ini yang di sebut domain atau identitas bisa juga di sebut web server.
maka terciptalah http://www.google.co.id
Setelah tercipta maka web browser mengirimkan permintaan ke web server di dalam internet,web server kemudian menaruh file dan mendownload semua file itu ke dalam komputer.
Menurut saya kalau di perhatikan tahapannya seperti algoritma bagaimana menurut sobat?

Lalu apa hubungannya dengan cara kerja mesin pencari/search engine ?

Sebenarnya mesin pencari itu mempunyai rahasia sendiri,tapi itu tetap saja sebuah mesin dan pada dasarnya semua mesin adalah alat hitung/sesuatu yang di perhitungkan hingga tercipta,itulah yang dikatakan dosen amin. Di bawah ini adalah tahapan bagaimana mesin pencari itu bekerja,
  1. Google mempunyai Web crawler atau googleboots yang di tugaskan mengirimkan kesemua halaman web di dalam www(world wide web)
  2. Googleboot ini mempunyai jaringan yang luas mereka merangkak seperti laba-laba,kalau ada batu mereka menghindar dan mencari jalan yang lebih aman,seperti sebuah web/blog yang banyak batunya kita misalkan, widget dan perlengkapan yang lainnya yang membuat laba-laba itu malas dan terancam karna daya muat yang membuat mereka menunggu.
  3. Lalu mereka memperhatikan penjabaran dari sebuah situs(algoritma)mereka tidak mempedulikan apakah itu situs konglomerat atau priyai,yang penting mereka bisa singgah dan aman dalam situs tersebut,kalau kita perhatikan situs2 kelas atas mempunyai tampilan yang sederhana dan mereka menyembunyikan perlengkapanya di tempat yang aman,agar laba-laba itu mau singgah.
  4. Laba-laba biasanya hanya berdiam diri di jaringnya,lalu mengapa laba-laba google merangkak dengan koloni yang besar? karna mereka mencari anaknya yang kita sebut LINK,Bagaimana perasaan sobat apabila sobat mempunyai anak tapi belum pernah menemuinya,,jawabanya pasti "sedih" tapi kalau ketemu pasti gembira sekali.
  5. semakin banyak mereka menemukan anak-anak mereka,mereka akan segera melaporkannya ke orang tuanya yaitu google,banyaknya anak mereka akan google taruh di dalam database indeks google.Dan google akan bertanya pada laba-laba "bagaimana kalian menemukannya" laba2 menjawab "saya menemukannya karna alamat itu jelas dan tidak berbahaya.
  6. Nah,, halaman yang berhasil ditemukan tersebut akan di beri peringkat oleh google agar anak -anak laba-laba itu dapat berkembang biak.
Semoga cerita tadi bermanfaat dan berguna untuk kita semua,mohon saran dan kritiknya apabila ada kesalahan dalam artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar